Dalam kehidupan kita tak akan bisa lepas dari sampah, untuk memenuhi kebutuhan sehari hari kita sering kali menghasilkan sampah, jika tidak dikelola dengan baik maka sampah akan menjadi masalah.

Tidak terkecuali di Desa Gentan Kecamatan Baki saat ini sampah sudah menjadi masalah lingkungan, dimana lokasi TPS saat ini berada di dekat lingkungnan pemukiman dan cemaran bau sudah dirasakan oleh lingkungan sekitar.

Tempat Pembuangan Sampah Sementara Desa Gentan

Atas kondisi tersebut Pemerintah Desa Gentan dan Badan Permusyawaratan Desa Gentan beserta BUM Desa Mangesti Sejahtera menginisiasi Kerjasama dengan Pusat Inovasi Agroteknologi / PIAT  Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk menjadikan sampah ini bukan lagi menjadi  masalah tetapi menjadi sebuah potensi yang bisa diolah menghasilkan nilai tambah.

Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) Universitas Gadjah Mada, merupakan pusat pengembangan Inovasi Agroteknologi yang memiliki tujuan salah satunya untuk mewujudkan implementasi teknologi inovatif yang langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, pemerintah, swasta, dan akademisi sesuai dengan penelitian unggulan universitas.

                                        Pusat Inovasi Agroteknologi UGM

 

Pada Tanggal 10 Juli 2020 Perwakilan Pemdes dan BPD berkunjung ke PIAT UGM dan berkenan diterima Oleh Ibu Pipit dan Bapak Chandra Wahyu Purnomo,  S.T,  M.E., M.Eng, D.Eng.

Dalam kesempatan tersebut kami diterima dengan sangat baik dan maksud dan tujuan kami yaitu mohon pendampingan dalam pengelolaan sampah di desa kami juga diterima dengan tangan terbuka dan ditunjukan beberapa cara pengolahan sampah yang dikembangkan PIAT.

Dditerima di Ruang pertemuan PIAT UGM

Ditermia Di RINDU (Rumah Inovasi Daur Ulang ) PIAT UGM

Di Tunjukan Metode Pengelohan Sampah

 

 

 

 

 

 

 

PIAT kemudian menindaklanjuti berkunjung ke Desa Gentan, yang di wakili oleh  Ibu Pipit dan Bapak Chandra Wahyu Purnomo,  S.T,  M.E., M.Eng, D.Eng. pada tanggal 26 Agustus 2020

Diterima Oleh Pemdes Gentan dan BPD di Ruang Pertemuan

Survey Lokasi TPS Desa Gentan

Survey Lokasi Pengembangan Pengolahan Sampah ( TPS 3 R )

Survey Ke TPA Mulur Sukoharjo

 

 

 

 

 

Kemudian  tanggal 03 September 2020  ditanda tangani Perjanjian Kerja Sama yang pertama antara Kepala Desa Gentan Ibu Uke Fransiska, S.H. dengan PIAT UGM oleh Kepala PIAT Bapak Dr. Ir. Taryono, M.Sc  yang hadir bersama TIM, dengan ruang lingkung perjanjian :

  1. Penyusunan tata cara survei timbulan sampah;
  2. Pelaksanaan survei timbulan sampah;
  3. Analisis data survei timbulan sampah sebagai dasar untuk perencanaan pengelolaan sampah desa;
  4. Penyusunan tata letak fasilitas pengelolaan sampah;
  5. Pemilihan teknologi tepat guna yang dapat digunakan untuk pengelolaan sampah desa;
  6. Penyusunan draft peraturan pengelolaan sampah desa;
  7. Melakukan pendampingan implementasi teknologi pengolahan sampah yang direkomendasikan.

 

Pada awal tahun 2022 ini sebagai tindak lanjut atas Perjanjian Kerja sama yang pertama dan merupakan kegiatan lanjutan Pengelolaan Sampah di Desa Gentan akan kukuhkan juga dalam Perjanjian Kerja Sama ke dua dan dilanjutkan pendampingan melalui Program KKN Tematik oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam bimbingan PIAT UGM di Desa Gentan.