Kalau kita membayangkan  “Sampah”,,,,  yang  terbersit pertama kali adalah barang yg tidak berguna dan cenderung menimbulkan masalah.

Lain halnya oleh BUM Desa Mangesti Sejahtera melalui kegiatan Bank Sampah “GELIPAH” (Gentan Peduli Sampah), dapat mengkonversi Sampah  yang dihasilkan masyarakat menjadi bentuk Simpanan Emas.

Kok Bisaaaa Yaaaaaa……. Berikut Liputanya ,,,,,,

Gini guessss,,,, melalui “GELIPAH” ,,, kami mencoba membangun kesadaran masyarakat untuk “PILAH SAMPAH DARI RUMAH” guesssss..

Warga diarahkan untuk pilah sampah sederhana dulu,,, SAMPAH BASAH dan SAMPAH KERING (kardus, plastic, kertas,botol bekas dll).

Sampah Kering Warga Masyarakat

Kemudian pada jadwal yang ditetapkan Pasukan “GELIPAH” keliling Menggunakan Armada Tempurnya Mangkal di Titik-titik kumpul tiap tiap wilayah RT., untuk menerima setoran  SAMPAH KERING warga, lalu ditimbang guessssss….. di rupiahkan dan dicatatkan dibuku tabungan sampah,,,, kemudian uang pembelian tidak diserahkan kepada warga guessss ,,,, tetapi ditabungkan ke PEGADAIAN menjadi bentuk TABUNGAN  EMAS.

Penimbangan Oleh petugas

 

 

 

 

 

 

 

Pencatatan di Buku Tabungan

Armada Tempur GELIPAH,,

 

 

 

 

 

 

TABUNGAN EMAS PEGADAIAN

 

 

Jadi GUesssss,,,, dengan tidak merogoh kocek dikantong,,, warga tetap bisa memiliki simpanan EMAS sebagai Tabungan dan investasi guessss,,,,

Ini merupakan inovasi kami, bagaimana agar Desa Gentan dapat secara bertahap menyelesaikan masalah sampah, dengan membangun pilar kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan membudayakan masyarakat Gemar Menabung serta pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

— PT. PEGADAIAAN—MITRA SOLUSI INOVATIF —

—— SAMPAH KU MENJADI TABUNGAN EMASKU ——

— Terima Kasih Warga Masyarakat Gentan  —-

—- Satu Tekad, Satu Hati,, Kita Wujudkan Gentan Desa Tuntas Sampah —